Kamis, 17 Desember 2015

Aqiqoh jogja dengan kambing betina Apakah sah?

Aqiqah jogja dengan kambing betina Apakah sah?. Sebuah pertanyaan yang membutuhkan jawaban lengkap dan harus dijawab. Sebenarnya pertanyaan semisal pernah ditanyakan oleh konsumen Solehaqiqah. Dan kamipun menjelaskan dengan berbagai dasar yang intinya 'boleh'. Kebetulan kemarin yang tanya dari konsumen Aqiqah kota Jogja.

Aqiqoh jogja dengan kambing betina Apakah sah


Berikut kami tuliskan sedikit penjelasan mengenai bolehkah aqiqah dengan kambing betina.

Bolehkah Aqiqoh Jogja Dengan Kambing Betina ?

Rosullulloh Shallallahu 'alaihi wa sallam : 

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَهُمْ عَنْ الْغُلَامِ شَاتَانِ وَعَنْ الْجَارِيَةِ شَاةٌ

 "Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam memerintahkan mereka aqiqah untuk anak laki-laki dua kambing, dan anak perempuan satu kambing". [HR At Tirmidzi dan Ibnu Majah].

 Ketentuan kambingnya disini tidak dijelaskan jenisnya, harus jantan atau boleh juga betina. Namun para ulama menyatakan, bahwa kambing aqiqah sama dengan kambing kurban dalam usia, jenis dan bebas dari aib dan cacat. Akan tetapi mereka tidak merinci tentang disyaratkan jantan atau betina.

Oleh karena itu, kata syah (شَاةٌ ) dalam hadits di atas, menurut bahasa Arab dan istilah syari’at mencakup kambing atau domba, baik jantan maupun betina. Tidak ada satu hadits atau atsar yang mensyaratkan jantan dalam hewan kurban.

Pengertian syah (شَاةٌ) dikembalikan kepada pengertian syariat dan bahasa Arab. Dengan demikian, maka sah bila seseorang menyembelih kambing betina dalam kurban dan aqiqah, walaupun yang utama dan dicontohkan Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam ialah kambing jantan yang bertanduk. Wallahu a’lam. 

Demikian penjelasan yang kami ambil dari Sumber :
  http://almanhaj.or.id/content/857/slash/0/perihal-aqiqah-kambing-jantan-atau-betina/

 Semoga bisa menjadi tambahan wawasan Anda dalam ibadah aqiqah. Mantap dalam melaksanakan niat untuk aqiqah Anak Anda. 

Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa menghubungi kami dan anda bisa bertanya-tanya dulu seputar layanan Aqiqoh Jogja.

Amatlah mudah dan sederhana cara untuk memesan paket Aqiqoh Jogja di solehaqiqah.

 Untuk Informasi atau pemesanan layanan Aqiqoh Jogja.

  Hubungi : 0822 6565 2222 Pak Mudzakir
 Layanan Aqiqoh Jogja 24 Jam.

 Alamat Layanan layanan aqiqah Jogja : Mandungan 1 rt2 rw 24 margoluwih,kecamatan seyegan, sleman,Yogyakarta. kode pos 55561.

Yang juga melayani  kota di sekitar yogyakarta Seperti Layanan aqiqah Bantul, Layanan aqiqah Sleman, Layanan aqiqah Gunungkidul, Layanan aqiqah Kulonprogo, dan Layanan aqiqah Magelang.

Gratis ongkos pengiriman

Situs kami lainnya di : kain batik modern.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar